Picture
Parfum adalah salah satu produk kosmetik yang digunakan baik oleh pria maupun wanita. Produk ini telah menjadi barang yang harus ada sebelum kesibukan hari itu dimulai. Begitu banyak macamnya dengan wangi yang berbeda sesuai dengan selera setiap orang. Karena wanginya, produk ini tidak hanya bisa memberikan bau harum pada baju ataupun tubuh anda, namun beberapa darinya mampu memberikan sensasi aroma yang mampu membuat anda tenang dan bisa juga membuat anda bersemangat. Wangi yang anda pilih juga bisa menjadi salah satu tolak ukur untuk mengetahui kepribadian seseorang, sebabterlihat dari selera yang anda pilih.

Parfum sendiri sebenarnya adalah akstrak atau assence yang mengandung sebagian minyak yang telah disaring dalam alkohol. Terkadang air juga diggunakan dalam peracikannya. Karena sebab alkohol di dalamnya, penggunaan wewangian menjadi topik pembicaraan umat muslim. Alkohol adalah salah satu jenis khamer yang telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an jika khamer adalah minuman haram yang banyak memberikan efek, baik efek positif maupun negatif. Salah satu ayat Al-Qur’an yaitu dalam surat Al-Maidah ayat 90 yang artinya “Hai, orang-orang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (Berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah rijs (perbuatan keji)” . Berdasarkan ayat tersebut dapat kita ketahui jika judi, berhala, mengundi nasib dan khamr (alkohol) najis secara maknawi (perbuatan keji) bukan benda maupun zatnya. Menurut pendapat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ra alkohol disini tidak najis.

Menggunakan wewangian  yang mengandung alkohol memang tidak najis sebab Rasulullah SAW tidak melarang namun juga tidak menganjurkan. Meskipun perdebatan akan penggunaan wewangian beralkohol masih saja ada, namun akan lebih aman jika anda tidak menggunakan wewangian yang tidak mengandung alkohol. Di indonesia juga sudah banyak produsen yang menjual wewangian tanpa alkohol dan aroma yang disediakan beragam. Anda bisa memilih wewangian tanpa alkohol dan tetap sesuai dengan selera anda. Pemakaian parfum kembali pada niat sang pemakai, jika niat menggunakan parfum tersebut untuk kebaikan dan tidak berlebihan niscaya efek yang diberikan juga positif.





Leave a Reply.